Ilustrasi foto: Dziana Hasanbekava via pexels

Waktu berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu umat muslim setiap harinya sepanjang Bulan Ramadhan. Pilihan takjil ringan hingga makanan berat kerap membuat bingung.

Meskipun perut terasa kosong dan tenggorokan kering kerontang, Sobat Halal tetap harus bisa mengontrol diri saat berbuka puasa. Meminum teh dengan sedikit gula atau memakan buah yang tepat lebih dianjurkan agar lambung dapat mencernanya dengan baik.

Tidak sembarang buah dianjurkan untuk berbuka puasa loh! Berikut rekomendasi pilihan beberapa buah untuk berbuka puasa yang aman bagi lambung dan penderita diabetes.

1. Kurma

kurma (foto: Naim Benjelloun via kurma-pexels)

Kurma merupakan buah yang ikonik sepanjang Bulan Ramadhan hingga lebaran. Selain manis, buah ini memiliki kalori, serat, mineral dan protein yang tinggi sehingga dapat kembali memulihkan energi dalam tubuh dengan cepat.

Jika Sobat Halal tidak ingin terlalu manis, manfaatkan kurma sebagai pemanis alami dalam teh. Seduhlah teh dan masukkan 1 butir kurma, biarkan selama 5-10 menit lalu angkat. Teh kurma pun siap diminum!

2. Pir

Buah pir adalah buah yang kaya akan serat dan mampu mengembalikan cairan tubuh dengan cepat. Selain itu, serat pada buah pir terbukti mampu membuat perut kenyang lebih lama sehingga dapat membantu Sobat Halal mengontrol napsu makan agar tidak makan berlebihan ketika saatnya berbuka puasa dengan menu makanan utama.

3. Melon

Buah melon merupakan buah dengan kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu mengembalikan cairan tubuh dengan cepat dan mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, konsumsi melon dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A dan C.

4. Alpukat

Buah yang satu ini tidak perlu diragukan lagi manfaatnya! Kandungan lemak sehat, serat, kalium dan magnesiumnya yang tinggi dapat membantu memulihkan energi yang hilang saat puasa dengan cepat.

5. Pepaya

Buah pepaya adalah buah yang dikenal membantu merawat pencernaan. Namun, ternyata buah pepaya juga mengandung vitamin A, C dan juga  berbagai anti oksidan yang baik untuk tubuh loh. Rasanya yang manis dan seratnya juga dapat membantu Sobat Halal kenyang lebih lama.

6. Mangga

Selain mengandung serat dan mudah membuat kenyang, sepotong mangga mengandung +- 250 gram kalium, 25% vitamin A dan 76% vitamin C sekaligus mineral untuk memenuhi kebutuhan tubuh Sobat Halal loh!

7. Pisang

Asupan gizi dan air yang berkurang seharian selama berpuasa akan kembali terpenuhi kembali saat Sobat Halal berbuka puasa dengan pisang. Selain tinggi kalium, pisang juga mengandung kalori yang tinggi sehinga dapat memenuhi kebutuhan energi dan memulihkan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

8. Blewah

Blewah (foto: Sakurai Midori via Wikipedia)

Wah siapa sih yang tidak kenal blewah?! Buah yang menyegarkan ini ternyata memiliki kandungan gula baik dan kaya akan mineral, sehingga dapat memenuhi kebutuhan energi saat berbuka puasa.

***

Demikian rekomendasi buah yang aman dikonsumsi saat berbuka puasa, Sobat Halal pilih yang mana ya? Selamat berbuka puasa!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Buah-Buahan untuk Berbuka Puasa
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar