Foto ilustrasi: Michael Burrows via pexels

Sobat Halal tidak terasa ya Bulan Ramadhan sudah hampir berlalu. Masih ada beberapa hari lagi untuk berpuasa bagi yang tidak berhalangan dan mungkin akan nyambung ke puasa Bulan Syawal. Nah biar tetap fit selama berpuasa, pemilihan makanan dan minuman saat sahur adalah salah satu kunci.

Yuk kita simak rekomendasi seputar makanan untuk sahur berikut ini.

1. Makanan yang Direkomendasikan untuk Sahur

Sobat Halal, mungkin kegiatan sahur kalian tidak selalu memiliki banyak waktu yang tersisa untuk makan dan minum. Jika begitu tidak usah khawatir, jika tahu kunci agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka kegiatan sahur pun akan menjadi mudah.

Pertama, makanlah makanan yang memiliki banyak kandungan air. Makanan yang memiliki banyak kandungan air akan menambah stok air dalam tubuh selama berpuasa. Makanan-makanan tersebut misalnya semangka, tomat, stroberi, mentimun, seledri, wortel mini, dsb. Air kelapa juga termasuk loh Sobat Halal!

Selain menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi, buah dan sayur juga bagus untuk dikonsumsi pada bulan puasa untuk menjaga nutrisi; dan juga mencegah masalah terkait pencernaan seperti sembelit karena mengandung serat, vitamin, dan mineral. Beberapa contoh diantaranya yakni brokoli, buah atau kurma kering, ubi, bayam, dan biji lentil.

Nah sekarang untuk menjaga agar tubuh tetap kenyang lebih lama, makanlah makanan kaya protein dan berserat tinggi. Makanan berprotein tinggi juga akan menjaga tubuh dari rasa lemas selama berpuasa.

Makanan berprotein tinggi diantaranya, telur, ikan, keju, kacang-kacangan, juga susu kedelai atau almond. Untuk protein yang lebih banyak, Sobat Halal juga bisa memilih dada ayam atau lean meat seperti daging sapi atau domba.

Sedangkan, makanan yang memiliki serat tinggi baik untuk membantu masalah pencernaan loh. Oats, sereal berserat tinggi, dan roti whole grain adalah contohnya. Makanan berserat tinggi akan membuat Sobat Halal merasa kenyang lebih lama.

Selain makanan-makanan diatas, nasi merah, kentang, atau makanan yang mempunyai karbohidrat kompleks lainnya juga baik untuk mensuplai energi, menambah daya konsentrasi, dan mengatur mood.

2. Makanan yang Tidak Direkomendasikan untuk Sahur

Selain itu ada beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur Sobat Halal. Misalnya minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi.

Kandungan kafein dalam kopi akan membuat kita ingin buang air kecil lebih sering, sehingga akan sulit ketika berpuasa kita kehilangan banyak cairan; dilansir dari Voi id oleh spesialis nutrisi Raissa E. Djuanda.

Masih dilansir dari sumber yang sama, pakar diet klinis Rahma Ali tidak menyarankan makanan berkabohidrat simpel seperti kue dan croissant, karena kandungan nutrisinya yang sedikit dan tidak mengenyangkan dalam waktu lama. Selain itu makanan yang asin – misalnya kacang asin dan keripik – juga bisa membuat haus jika dimakan saat sahur.

Ujarnya juga, pola makan di bulan Ramadhan sangat penting untuk diseimbangkan saat sahur dan berbuka agar kebutuhan tubuh terpenuhi; karenanya kita juga harus memakan makanan berpotassium dan bersodium untuk menggantinya yang hilang saat berkeringat.

Begitulah tips untuk sahur Sobat Halal. Semoga puasanya selalu lancar!


Berikan bintang kamu untuk Tips Makanan Sahur Sehat
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar