Foto ilustrasi oleh Farhan Azam via unsplash
Share artikel ini:


Ketupat sudah menjadi ikon makanan khas Lebaran atau Idul Fitri di Indonesia. Lebaran seolah tak tak terpisahkan dengan momen lebaran. Rasanya lebaran tak lengkap tanpa makanan yang satu ini. Saking ikoniknya, bahkan ucapan-ucapan Lebaran di Indonesia selain dihiasi gambar masjid umumnya selalu menyertakan gambar ketupat.

Menurut catatan sejarah, ketupat masuk ke Indonesia pada abad ke-15, yaitu pada saat Sunan Kalijaga aktif melakukan syiar Agama Islam. Ketupat menjadi media pengenalan sekaligus simbol dalam merayakan Idul Fitri kepada masyarakat.

Ketupat sendiri memiliki nama filosofis dalam bahasa Jawa yang artinya ‘meminta maaf’. Oleh karena itu, perayaan Idul Fitri di Indonesia selalu ditandai dengan berkunjung dari rumah ke rumah sambil meminta maaf satu sama lain.

Seiring berjalannya waktu, tradisi makan ketupat setiap lebaran pun mengalami akulturasi dengan budaya kuliner setempat. Salah satunya adalah penyajian ketupat dari daerah satu daerah yang lainnya masing-masing berbeda dan unik. Penasaran, kan? Kita cari tahu yuk!

1. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan (foto oleh: Midori via wikipedia)

Ketupat kandangan merupakan makanan khas dari Kalimantan. Ketupat kandangan berbentuk segitiga yang dipotong-potong dan disajikan bersama ikan asap kuah santan yang dibumbui dengan pala, cengkih, kayu manis, kapulaga dan kaldu.

Biasanya semangkuk ketupat ini akan disajikan bersama dengan taburan bawang goreng yang melimpah. Hmmmm, yummy!

2. Ketupat Babanci

Ketupat Babanci (foto oleh: Darmawan via asianfoodnetwork.com)

Ketupat Babanci merupakan ketupat khas asli Betawi. Ketupat ini memiliki bentuk ketupat pada umumnya, biasanya disajikan bersama kuah santan berbumbu bawang merah, bawang putih, cabai dengan potongan daging sapi yang lembut. Tidak ketinggalan, taburan bawang goreng menambah kenikmatan di setiap suapan.

3. Ketupat Palas

Ketupat Palas (foto via Facebook Ketupat Palas YUYU)
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk 5 Ketupat Khas
[Total: 2 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar