Ilustrasi MOML (by Azhar Elmiza) [via flicker]

Mempersiapkan agenda dan kebutuhan untuk perjalanan ke luar negeri tentu sangat penting bagi para traveler. Termasuk perkara makanan atau in flight meals bagi para muslim traveler saat menempuh perjalanan menggunakan jalur udara.

Umumnya maskapai dari berbagai belahan dunia memiliki pilihan menu-menu halal, ada yang sudah disediakan secara otomatis tapi ada juga yang harus diminta secara khusus dari daftar special dietary meal.

Kita lihat beberapa contoh maskapai mana saja yang memiliki menu halal yang sudah otomatis atau harus diminta. Yuk kita cek satu per satu!

1. Garuda Indonesia

Foto: Fasyah Halim via usplash

Sebagai maskapai penerbangan nasional resmi Republik Indonesia, atau flag carrier, Garuda Indonesia tidak hanya melayani rute domestik saja, tetapi juga melayani rute internasional. Bagi Sobat Halal yang terbang ke berbagai penjuru dunia dengan Garuda Indonesia tidak perlu khawatir soal makanan, sebab semua makanan yang disajikan dalam penerbangannya dijamin halal.

Dalam situsnya, Garuda Indonesia menyatakan telah menerapkan standar halal bagi semua sajian makanan yang diberikan kepada para penumpang, baik pada penerbangan domestik dan internasional, maupun di semua ruang tunggu (lounge) Garuda Indonesia. Untuk menjaga konsistensi kualitas, seluruh supplier catering Garuda Indonesia memiliki sertifikat halal untuk semua produk dan prosesnya.

Selain itu Garuda Indonesia pernah dinobatkan sebagai “World’s Best Airline for Halal Travellers” dalam ajang World Halal Tourism Awards 2016 yang diselenggarakan oleh International Travel Week Abu Dhabi.

2. All Nippon Airways (ANA)

Foto oleh Marcus Ng via unsplash

Dihitung dari jumlah penumpangnya, All Nippon Airways (ANA) adalah maskapai penerbangan terbesar di Jepang. Secara default atau bawaan, menu di maskapai ini tidak memiliki jaminan halal. Untuk itu jika Sobat Halal ingin mendapatkan makanan yang pasti halal harus melakukan pemesanan baik melalui website maupun telepon minimal 24 jam sebelum melakukan penerbangan.

Walau begitu, maskapai yang satu ini sangat serius dalam menyediakan menu halal. Dikutip dari situs halalinjapan.com, sejak Januari 2014, ANA telah bermitra dengan Brahim’s Holdings Berhad, sebuah perusahaan yang berbasis di Malaysia dan pemasok masakan halal terbesar di dunia, untuk menyediakan makanan bersertifikat halal di atas penerbangan ANA.

Mulai 1 Juli 2015, ANA telah mulai menawarkan Gaya Jepang bersertifikat halal Chicken Curry dibuat bekerja sama dengan Brahim’s, sebagai pilihan makanan ringan. Item menu baru akan tersedia di First Class. ANA juga mulai menyajikan camilan kue beras “Arare” bersertifikat halal di semua penerbangan internasional mulai Juni 2015.

Melalui kemitraan layanan katering ANA, yang bertanggung jawab atas semua makanan dan minuman dalam penerbangan untuk Grup ANA, telah memperoleh sertifikasi untuk memproduksi masakan halal di fasilitasnya di Kawasaki, Jepang.

3. Emirates

Foto: Tim Dennert via unsplash

Flag carrier Uni Emirates Arab yang bermarkas di Dubai ini adalah maskapai pemilik pesawat super jumbo jet Airbus A-380 terbanyak di dunia yaitu sebanyak 115 unit per hari ini.

Sobat Halal bisa tenang jika pilihan penerbangan jatuh kepada maskapai yang satu ini, sebab dalam websitenya, Emirates menyatakan semua makanannya bersertifikat halal, all our meals are halal certified.

4. Turkish Airlines

via pixabay

Meskipun tujuan penerbangan didominasi oleh Eropa, Asia, Afrika dan Amerika, Turkish Airlines menyajikan katering yang disajikan dengan panduan Islam dan dijamin kehalalannya mulai dari pemrosesan bahan baku hingga menu tersaji di hadapan penumpang.

Secara tegas Turkish Airlines mengatakan “karena makanan yang kami sajikan di penerbangan Turkish Airlines disiapkan sesuai dengan aturan Islam, tidak perlu meminta makanan Muslim.”

5. British Airways

Foto: Tomek Taginski via unsplash

Sebagai maskapai Eropa, in-flight meals di British Airways bukan makanan halal. Tapi bagi muslim travelers maskapai yang satu tetap menyediakan makanan halal yang bisa dipesan terlebih dahulu sebelum keberangkatan tanpa dikenai tagihan tambahan.

Untuk makanan halal maskapai ini menyatakan disiapkan sesuai dengan Pedoman Halal, tidak mengandung babi, produk sampingan dari babi atau bahan yang mengandung alkohol.

6. Lufthansa

Foto: Nick Herasimenka via unsplash

Lufthansa merupakan flag carrier Jerman. Luthfansa selalu memberikan makanan dengan kualitas tinggi kepada penumpang, baik first class ataupun ekonomi. Seperti halnya maskapai Eropa lainnya, Sobat Halal harus memesan MOML atau makanan muslim sebelum penerbangan dilakukan tanpa dikenakan biaya tambahan.

Untuk makanan halal yang dipesan secara khusus, dalam situsnya Lufthansa menyatakan tidak menggunakan daging babi atau hewan yang dilarang dan tidak mengandung alkohol. Semua daging dan produk unggas yang digunakan telah disertifikasi sebagai penyembelihan sesuai dengan pedoman halal.

7. Japan Airlines (JAL)

Foto: Jason Goh via pixabay

Khusus untuk rute Jakarta-Jepang (termasuk juga rute Kuala Lumpur) dan sebaliknya, Japan Airlines telah meluncurkan konsep baru untuk hidangan di Business Class dalam penerbangan dari Jakarta: hidangan ini merupakan perpaduan bahan-bahan tradisional Indonesia dengan masakan ciri khas Jepang. Ditambah lagi, tampilan hidangannya yang membuat seperti masakan Jepang asli yang menambah cita rasa di setiap gigitannya. Hidangan ini memberikan sentuhan unik pada layanan kami dari Jakarta.

Semua hidangan dari Jakarta, termasuk Premium Economy Class dan Economy Class, disiapkan sesuai dengan prinsip ajaran Islam, sehingga memungkinkan semua penumpang menikmati hidangan spesial kami. JAL berharap penumpang menikmati perpaduan kuliner Jepang dan Indonesia yang ditawarkan secara eksklusif oleh JAL.

Hebatnya lagi untuk rute ini, bukan hanya pilihan MOML (Moslem Meal) saja tapi semua makanan yang dihidangkan (Japanese and Western Meals) disiapkan sesuai dengan prinsip ajaran Islam. Dan untuk rute Kuala Lumpur semua telah mendapatkan persetujuan halal dari Departemen Pengembangan Islam Malaysia.

Sedangkan untuk rute lainnya, MOML harus dipesan melalui website sebelum penerbangan. MOML yang disediakan JAL di semua penerbangan Internasional dari Jepang telah menerima Sertifikasi Halal dari Japan Islamic Trust (JIT). Selain itu, JAL telah mengubah semua peralatan makanan yang digunakan untuk Moslem Meal menjadi peralatan makan sekali pakai dengan Sertifikasi Halal untuk memberikan rasa aman bagi penumpang Muslim saat menikmati hidangan dalam penerbangannya.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk In-flight Meals Halal
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar