Ilustrasi foto oleh Monstera via Pexels
Share artikel ini:


Membesarkan anak tidak selalu mudah, dan orangtua perlu menggunakan metode yang efektif untuk menangani masalah disiplin anak. Disiplin yang baik harus melibatkan rasa hormat dan empati dalam mendidik anak Anda. Anak yang dibesarkan dan diberikan disiplin dengan penuh cinta kasih biasanya akan lebih bahagia, lebih akrab, dan berperilaku lebih baik

Berikut tips tentang teknik yang baik dan efektif untuk menerapkan disiplin pada anak:

1. Buatlah Hubungan yang Saling Menghargai Antara Anda dan Anak

 

Menghargai anak Anda akan menumbuhkan hubungan saling mencintai dan saling percaya. Hargai yang menurut anak Anda penting. Mungkin bagi kita orang tua, boneka beruangnya tidak penting bagi kita, tetapi itu penting bagi anak Anda.

2. Miliki Rasa Empati

 

Hormati perasaan anak dan ajari mereka untuk menghormati perasaan orang lain juga. Ajak anak berdiskusi dengan menanyakan apa yang akan orang rasakan atas tindakan yang anak lakukan.

3. Kenali Usia dan Tahapan Perkembangan Anak

Memahami tahap perkembangan anak dan mengapa anak-anak berperilaku seperti yang mereka lakukan sangatlah penting. Misalnya, Anda tidak bisa mengharapkan anak berumur 2 tahun untuk memahami mengenai logika dan alasan. Oleh karena itu, pahamilah kemampuan dan disiplin sesuai tahap perkembangan anak.

4. Ajak Anak Berbicara Dari Hati ke Hati

Lakukan saat Anda dan anak Anda makan bersama, atau saat mau tidur atau saat kebersamaan lainnya. Time in, not only time out. Ketika anak berperilaku tidak baik, mereka sebenarnya ingin mengatakan sesuatu.

Daripada membuat anak semakin menjauh dari Anda, coba dekati dan tanyakan dengan lembut apa yang sedang mereka rasakan.

Dengan melakukan hal ini, Anda bisa menghilangkan perilaku nakal anak. Anda akan belajar mengapa anak melakukan perilaku tersebut dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

5. Konsisten

Anak-anak membutuhkan konsistensi terhadap apa yang orangtua katakan kepada mereka. Tindak lanjuti dan berusahalah konsisten atas pesan atau nasehat yang sudah Anda sampaikan kepada anak.

6. Mengantisipasi dan Mencegah

Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
1 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar