Salah satu Gerai Subway di Gewerbegebiet Trier-Nord, Jerman (foto oleh Helge Klaus Rieder)

Di Indonesia, salah satu jaringan waralaba makanan cepat saji Subway baru saja membuka kembali gerainya setelah sempat vakum di Indonesia selama 21 tahun. Pembukaan gerai pertamanya di Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan pada tanggal 15 Oktober, mendapat sambutan yang cukup meriah dari konsumen di Indonesia.

Saat ini Subway Indonesia sudah membuka gerai keduanya di Gedung Setiabudi One Kuningan, Jakarta Selatan dan berencana membuka gerai-gerai berikutnya dalam waktu dekat ini. Menurut rencana, 2 gerai baru Subway akan dibuka di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta dan area Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

Secara Global Jumlah Gerai Subway Mengungguli McDonald’s

Dibandingkan dengan pesaing terdekatnya, McDonald’s, di Indonesia jumlah gerai Subway memang kalah jauh. Menurut data dari Knoema.com, jumlah gerai McDonald’s di Indonesia pada tahun 2020 berjumlah 233 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan jumlah gerai Subway di Indonesia.

Meski di Indonesia jumlah gerai Subway kalah jauh, tapi jika dilihat secara global ternyata gerai Subway lebih banyak dibandingkan McDonald’s. Masih dikutip dari sumber yang sama, secara global gerai Subway berjumlah 40,953 dibandingkan dengan jumlah gerai McDonald’s sebanyak 37,855.

Uniknya, meski secara jumlah McDonald’s kalah dari Subway, secara sebaran geografis McDonald’s masih unggul. McDonald’s memimpin dengan sebaran gerai di 113 negara sedangkan Subway sebaran gerai ada di 107 negara.

McDonald's vs Subway: Which Has the Bigger Restaurant Chain?
Infografis sebaran global gerai Subway dan McDonald’s via Knoema.com

Selain di Indonesia, di beberapa negara, jumlah restoran McDonald’s melebihi Subway, terutama di Cina dan Jepang serta Eropa dan Amerika Selatan. Sementara Subway, mendominasi di Australia, India, dan Inggris serta Amerika Utara dan Tengah. Amerika Serikat adalah segmen pasar tunggal terbesar untuk kedua perusahaan.

Perbedaan Struktur Kepemilikan dan Waralaba Subway dan McDonald’s

Dari sisi struktur kepemilikan Subway juga berbeda dengan MD. McDonald’s adalah perusahaan yang sudah go public dan terdaftar di Bursa Efek New York, sementara Subway masih merupakan perusahaan privat di bawah naungan korporasi Doctors’ Associates Incorporated.

Sementara dari sisi nilai brand meski kedua perusahaan termasuk dalam daftar merek paling terkenal dunia versi Forbes, McDonald’s memimpin sampai saat ini. Bahkan sejak tahun 2018 Subway tidak berada dalam daftar 100 merek terkenal, sementara McDonald’s masih berada di urutan 10 pada tahun 2020.

Semua gerai Subway, 100 persen merupakan gerai waralaba, jadi perusahaan induk Subway tidak memiliki gerai Subway sendiri. Sementara McDonald’s memiliki sekitar 20 persen dari restorannya, dan 80 persen sisanya dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan waralaba secara independen.

Total investasi yang dibutuhkan untuk membuka gerai waralaba McDonald’s baru berkisar dari $1.215.000 hingga $1.945.000 ditambah biaya awal sebesar $45.000. Sedangkan biaya pembukaan gerai waralaba Subway baru berkisar dari $116.000 hingga $263.000 dengan biaya awal sebesar $15.000. Sehingga secara nilai investasi Subway jauh lebih terjangkau bagi banyak pengusaha.

Subway Halal di Indonesia?

Bicara soal halal khususnya di Indonesia dengan pangsa pasar utama muslim, McDonald’s sudah duluan, bukan saja memiliki sertifikat halal dari MUI sejak awal pembukaan gerai-gerainya di Indonesia, tapi juga McDonald’s menyediakan fasilitas musholla secara mencolok di banyak gerainya. Subway tentu tidak akan mengabaikan soal yang penting ini. Untuk gerai di Indonesia rantai pasok (supply chain) Subway sudah tersertifikasi halal MUI.

Jika kita intip dari situs Halal MUI bisa kita temukan produk-produk Subway sudah tersertifikasi halal, antara lain Chocolatte Chips Cookies RTB Subway, Honey Oat Topping Subway, Subway – Mozzarella Cheese, Parmesan Oregano Topping Subway, Subway -mc Processed Cheese, Subway Chicken Rosemary Sandwich, Subway Whole Wheat, Subway Tuna Serpihan dalam Air Garam (Tuna Flakes/ Shredded in Brine Without Vegeta ble Broth), dll. Sertifikat halal Subway tersebut didaftarkan di MUI dari vendornya antara lain PT. Inti Prima Rasa, Fonterra Co-operative Group Ltd, PT. Cipta Rasa Multindo, PT. Aneka Tuna Indonesia, dll.

Jadi soal kehalalan, dengan sudah adanya sertifikasi halal dari MUI, Subway di Indonesia sudah bisa dinikmati tanpa rasa waswas. Tapi soal lokasi gerai, bagi Sobat Halal pecinta sandwich Subway yang berada di luar Jakarta tampaknya masih harus sabar menunggu.


Berikan bintang kamu untuk Subway
[Total: 5 Rata-rata: 4.6]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar