Ilustrasi (Adam Arya via pexels)

Wajah berkomedo tentu jadi masalah yang meresahkan bagi Sobat Halal. Selain membuat permukaan kulit terasa kasar dengan pori-pori besar, komedo dapat menimbulkan masalah jerawat dan minyak berlebih pada wajah.

Oleh karena itu, Sobat Halal perlu merawat wajah dengan baik dan benar. Berikut adalah langkah supaya wajah anda terbebas dari komedo dan terlihat flawless!

1. Mencuci Muka Secara Rutin

Debu dan sisa-sisa kotoran yang melekat pada wajah akan bercampur dengan minyak lalu menyumbat pori-pori. Agar minyak dan sisa kotoran tidak mengendap dalam pori-pori, Sobat Halal wajib mencuci wajah secara rutin. Selain mencuci wajah pagi dan sore, Sobat Halal dapat memanfaatkan produk-produk double cleansing seperti balm, micelar atau oil.

2. Eksfoliasi

Manfaatkan produk eksfoliasi yang memiliki efek iritan seminim mungkin, seperti masker charcoal, serum atau perpaduan antara oat dan madu. Masker tersebut akan membantu untuk mengangkat sisa kotoran dan komedo yang menyumbat di dalam pori-pori.

3. Gunakan Skin Care & Make up yang Non Comedogenic

Tidak hanya atau serat tisu atau kapas yang bisa menyumbat pori-pori Sobat Halal, tetapi juga produk skincare dan make up yang kita kenakan sehari-hari. Hindari produk-produk dengan kandungan alkohol, paraben, minyak kelapa.

4. Tidak Tidur dengan Make up

Sobat Halal mungkin pernah tanpa sengaja tertidur dengan make up masih menempel di wajah dan tertidur pulas saking lelahnya. Namun, sebaiknya kebiasaan tersebut segera dibenahi, sebab partikel make up dan debu atau kotoran yang menempel pada permukaan make up dapat menimbulkan sumbatan pori yang sangat parah sehingga komedo muncul semakin banyak.

5. Ekstraksi Komedo

Sobat Halal dapat mengekstraksi komedo secara pribadi atau menggunakan jasa tenaga ahli di salon kecantikan. Jika melakukannya sendiri, sebaiknya gunakan produk-produk yang mendukung. Misal alat yang telah disterilkan dengan tepat, membersihkan wajah dengan alcohol swab, krim anti iritasi dan lain sebagainya. Pilih perawatan chemical peeling jika Sobat Halal memutuskan pergi ke klinik kecantikan.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk tips cantik ini
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar