Ilustrasi (Kredit: PNW Production via pexels)

Berpuasa berarti membiarkan tubuh tidak menerima asupan cairan dan gizi selama kurang lebih 12 jam setiap harinya. Bila saat sahur dan berbuka kurang mendapat asupan cairan dan gizi yang cukup tidak jarang seseorang mengalami dehidrasi yang berpengaruh pada kondisi kesehatan kulitnya.

Kulit, termasuk kulit bibir – juga salah satu bagian yang dapat mengalami dehidrasi sehingga acapkali terasa kering, pucat atau kusam, kasar dan mengelupas. Tentu saja kondisi ini membuat Sobat Halal merasa tidak nyaman.

Namun, tidak perlu khawatir, ikuti saja beberapa tips jitu berikut untuk mengatasi permasalahan bibir yang mengganggu tersebut!

1. Formula 224 Air Putih

Jangan biarkan tubuh anda kekurangan air putih meski pun saat berpuasa. Sobat Halal bisa melakukan antisipasi saat sedang melakukan sahur atau berbuka puasa.

via pexels

Gunakan formula 2-2-4, yaitu 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan 4 gelas untuk sepanjang malam setelah berbuka. Sobat Halal dapat menentukan formula untuk minum air putih sesuai kenyamanan masing-masing.

2. Buah dengan Kandungan Air Tinggi

Selain air putih, Sobat Halal dapat mengonsumsi buah yang memiliki kandungan air yang tinggi. Selain memenuhi kebutuhan cairan dan melengkapi kelengkapan vitamin bagi tubuh, buah juga dapat menghindarkan Sobat Halal dari rasa jenuh atau variasi menu.

Buah yang direkomendasikan adalah buah pir, jeruk, semangka, blewah, dan lain sebagainya. Hindari juga makanan yang memiliki rasa asin dan pedas berlebihan ya!

3. Teh Chamomile dan Teh Hijau

Pada umumnya, kopi adalah pilihan yang dikonsumsi pagi hari atau saat mengantuk. Namun, ada baiknya ketika berpuasa Sobat Halal mengganti kebiasaan tersebut karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dan teh biasa dapat membuat kelembaban kulit menghilang lebih cepat.

Gantilah kebiasaan tersebut dengan mengkonsumsi teh chamomile atau teh hijau. Selain memiliki manfaat untuk pencernaan, mengontrol kolestrol, anti radang, dan lain sebagainya, keduanya memiliki kandungan kafein yang lebih rendah.

4. Lip Balm

Alih-alih membantu menambah kelembaban bibir, kebiasaan menjilat bibir saat terasa kering justru membuat bibir semakin kering. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam yang terdapat dalam air liur dapat mengikis minyak alami yang melindungi permukaan bibir.

Dibandingkan menjilat bibir, lebih baik Sobat Halal gunakan lip balm untuk menjaga kelembaban bibir. Pilihlah lip balm yang mengandung shea butter, jojoba oil atau vitamin E. Ulaskan lip balm ke bibir secara berkala.

5. Eksfoliasi & Madu

Kulit kering dan pecah-pecah merupakan pertanda penumpukan sel kulit mati. Seperti halnya kulit bagian tubuh lain, bibir juga memiliki potensi untuk mengalami hal serupa.

Manfaatkan madu dan gula sebagai scrub alami atau produk eksfoliasi bibir lainnya. Gosokkan pada bibir secara perlahan 1-2 kali dalam seminggu kemudian bilas dengan air.

Kredit foto: Mike Jones via pexels

Jangan lupa poleskan madu setelah eksfoliasi atau setiap malam sebelum tidur untuk menjaga kelembaban bibir dengan maksimal.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Rahasia Bibir Sehat
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar