Mungkin sebagian Sobat Halal sudah tidak asing dengan nama Curcuma Longa atau yang akrab kita sebut sebagai kunyit.  Curcuma Longa merupakan tanaman jenis rimpang sekaligus rempah-rempah yang penyebaran terbesarnya berada di Kawasan Asia Tenggara.

Namun mungkin belum banyak yang mengetahui jika bumbu dapur yang satu ini banyak manfaatnya bagi kesehatan kulit dan sering digunakan sebagai salah satu bahan atau formula unggulan dalam dunia kecantikan. Siapa sangka rempah yang tergolong ke dalam famili zingiberaceae yang kerap jumpai di dapur sebagai pewarna makanan alami dan obat tradisional ini, ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk bahan skincare.

Manfaat kunyit bagi kecantikan didapatkan dengan mengolah atau mengekstrak saripati kunyit itu sendiri. Dalam ekstrak tersebut terkandung bahan aktif alami, yaitu Tetrahydrocurcumin (THC). THC inilah yang rupanya memiliki banyak manfaat bagi kulit dan telah teruji secara klinis! Berikut adalah keistimewaan dari ekstrak rempah dapur tersebut!

  1. Antioksidan

THC dapat menetralisir radikal bebas yang berasal dari polusi, bahan kimia atau bahaya paparan sinar matahari.

  1. Pengawet Alami

Tinggi-rendahnya konsentrasi THC juga mempengaruhi ketahanan atau umur simpan sebuah produk kosmetik atau perawatan kecantikan. THC terbukti dapat menghindarkan produk dari resiko auto-oksidasi lemak saat produk berada di ruangan bersuhu tidak stabil atau terkena radiasi sinar matahari.

  1. Brightening Agent

Dilansir dari hilarispublisher, kekuatan 0,25% THC setara dengan efektifitas 4% Hydroquinone. Berbeda dengan hydroquinone yang memiliki dampak negatif untuk pemakaian rutin, THC lebih alami, aman dan efektif untuk mencerahkan warna kulit.

  1. Anti Inflamasi

THC dapat menghambat tirosinase, sehingga dapat mencegah kulit memproduksi melanin. Semakin tinggi produksi melanin, maka akan semakin cepat proses pigmentasi terhadap kulit sehingga kulit menjadi lebih gelap.

  1. Anti Aging

THC yang berperan sebagai anti inflamasi dan antioksidan tentu dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, terutama resiko-resiko yang berasal dari faktor eksternal. Kondisi kulit sehat inilah yang dapat memperlambat penuaan dan merawat tanda-tanda penuaan pada kulit.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar