Centella Asiatica (foto oleh Garden Yellow)

Centella Asiatica atau populer disebut CICA memiliki julukan lain, yaitu Tiger Grass dan Gotu Kola.

Dalam jurnal, Bylka, et al. (2013). Centella Asiatica in Cosmetology, CICA adalah tanaman obat yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun serta dalam pengobatan dengan orientasi ilmiah.

Dalam CICA terkandung senyawa aktif termasuk triterpen pentasiklik, terutama asiaticoside, madecassoside, asiatic dan madecassic acid. Centella asiatica terbukti efektif dalam meningkatkan pengobatan luka kecil, luka hipertrofik serta luka bakar, psoriasis dan skleroderma.

Tidak heran jika CICA digadang-gadang sebagai ‘Tanaman Ajaib’ karena memiliki banyak manfaat untuk kulit sehingga banyak digunakan sebagai salah satu bahan dasar utama skincare.

CICA ini banyak digunakan sebagai salah satu bahan unggulan dalam produk skincare atau perawatan kulit, salah satunya oleh salah satu merek skincare lokal yang menggandeng Kim Seon Ho sebagai brand ambassador dan digadang sebagai “skincare mentor” untuk memberikan edukasi cara menggunakan skincare yang benar.

Kim Seon Ho dijadikan brand ambassador karena sudah dikenal oleh publik di tanah air. Namanya mulai dikenal publik di Indonesia ketika ia memerankan sosok Han Jin-Pyong dalam serial berjudul Start-Up pada 2020 lalu, ditambah lagi ia juga muncul sebagai tokoh utama di serial terbaru berjudul Hometown Cha-Cha-Cha yang baru saja rilis pada 28 Agustus 2020 lalu.

Menurut kabar, berkat endorsement yang dilakukan Kim Seon Ho,  serum berbahan dasar CICA ini sempat menjadi best seller di Indonesia loh!

Yuk kita simak manfaat-manfaat CICA bagi kulit!

1. Mencegah dan merawat stretch mark

CICA terbukti ampuh untuk mencegah stretch mark atau parutan kulit, tapi tidak cukup agresif untuk menghilangkan stretch mark yang sudah terbentuk. Namun demikian, CICA cukup berguna untuk memudarkan garis-garis halus stretch mark.

2. Melindungi kulit dari polusi

Kulit mudah sekali terpapar UV, asap rokok, dan asap kendaraan. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam CICA, mampu mencegah dan mengurangi peradangan mau pun kerusakan akibat polusi tersebut

3. Melembabkan kulit

CICA meningkatkan kadar minyak alami kulit, sehingga elatisitas dan kelembaban kulit menjadi lebih terjaga. Jika elastisitas dan kelembaban terjaga, kulit sehat, cerah, dan terlihat muda bukan lagi sebuah mimpi

4. Booster penyembuhan luka

Zat aktif pada CICA terbukti ampuh meningkatkan kolagen, menunjang pembentukan sel pembuluh darah serta kulit yang baru, sehingga sering digunakan untuk pemulihan luka bakar, luka paska operasi, luka sobek dan luka pada penderita diabetes

5. Mengatasi kulit berjerawat

Saat jerawat meradang, kulit jadi terasa gatal, memerah bahkan menjadi mudah iritasi, senyawa-senyawa dalam CICA ampuh menenangkan kondisi-kondisi tersebut

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar