Pengambilan caviar dari ikan Sturgeon (via caviarstar.com)

Caviar adalah makanan yang dibuat dari telur ikan yang diasinkan. Awalnya istilah caviar hanya mengacu pada telur yang dihasilkan dari ikan sturgeon liar di Laut Caspia dan Laut Hitam. Tapi kini juga caviar bisa didapat dari jenis ikan lainnya, dari ikan yang paling langka sampai ikan atau hewan laut lainnya.

Bergantung pada jenis ikannya, harga caviar bisa sangat bervariasi. Misalnya caviar yang dihasilkan dari ikan Almas Beluga putih, salah satu species ikan sturgeon paling langka, dijual dengan harga sampai $25.000 atau sekira 350 juta rupiah per kilogram!

Almas Caviar, caviar termahal (via azureazure.com)

Mahalnya harga caviar umumnya ditentukan oleh beberapa faktor berikut ini. Jenis ikan (kelangkaan/ketersediaan spesies), waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan telur (maturasi), waktu pemanenan dan pembuatan (proses), kualitas pengasinan telur (grading) dan pasokan & permintaan (sumber & popularitas).

Caviar umumnya dikonsumsi secara langsung, ataupun dioleskan ke makanan lain seperti roti atau biskuit. Namun kini caviar juga populer digunakan dalam produk perawatan kulit atau skincare premium karena manfaat yang dihasilkan oleh kandungan nutrisinya. Kandungan nutrisinya caviar kaya akan vitamin A, D, B1, B2, B6, Co, Cu, P, Si, Zn serta beberapa asam amino seperti glisin, lisin, histidin, arginin dan asparagin.

Mengingat harga bahan bakunya yang mahal, produsen skincare yang menggunakan caviar sebagai bahan aktifnya juga menjual produknya sangat mahal. Misalnya salah satu merek skincare dari Swiss, La Prairie, menjual produk krim pelembab Skin Caviar Luxe Cream Sheer Premier seharga 6,5 juta rupiah untuk kemasan 50ml dan White Caviar Eye Extraordinaire kemasan 20ml seharga 7 juta rupiah!

Dan inilah beberapa manfaat caviar untuk kesehatan kulit sehingga digunakan oleh produsen skincare premium dalam produknya.

1. Membuat Kulit Bersinar

Kandungan Omega-3 dalam caviar adalah asam baik yang berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih terang alami dan bebas dari kusam.

2. Menghidrasi Kulit

Kandungan vitamin, mineral dan protein asam amino yang cukup tinggi dalam caviar ini sangat baik untuk menjaga kelembapan dan menjaga kelenturan kulit serta mengurangi keriput.

3. Mempercepat Regenerasi Kulit

Kulit pada dasarnya terdiri dari kombinasi protein dari asam amino, sementara caviar memiliki kandungan yang sama. Sehingga asam amino dalam caviar bisa diserap langsung oleh kulit, menjadikannya mampu mempercepat regenerasi kulit dengan sangat baik.

4. Memperlambat Proses Penuaan

Berbagai kandungan nutrisi dalam caviar dapat mengaktifkan sel yang menghasilkan sekaligus meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah salah satu zat yang berperan dalam proses regenerasi kulit. Selain itu, antioksidan dalam caviar mampu menyamarkan garis-garis halus pada kulit.

5. Mencegah Penyakit Kulit

Masih dari kandungan Omega 3 yang biasa dikenal sebagai ERP dan DHA dalam caviar, keduanya berguna untuk mengobati dan mencegah masalah penyakit kulit seperti psoriasis, alergi dan jerawat.

6. Revitalisasi Kulit

Omega 3 dalam Caviar memiliki sifat sebagai tabir surya alami, sehingga membantu melindungi kulit dari efek buruk UVA dan UVB. Selain itu, omega 3 mampu merevitalisasi, meremajakan kulit, dan mengurangi melanin, sehingga ampuh untuk menghaluskan, mencerahkan, dan melembutkan.

***

Ternyata banyak juga ya manfaat caviar untuk kesehatan kulit. Tapi masalahnya, apakah harganya sepadan dengan manfaatnya? Bagaimana menurut Sobat Halal?

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar