Kredit foto ilustrasi: Raka Miftah via pexels

Sobat Halal, kulit wajah yang sehat dan bercahaya adalah impian semua orang, khususnya kaum hawa. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua yang sedang menunaikan ibadah puasa di Bulan Ramadhan, mengingat selama berpuasa tubuh akan kekurangan asupan cairah.

Hal ini juga ditambah faktor eksternal seperti cuaca yang saat ini tidak menentu, kadang panas, kadang hujan dan juga polusi udara yang dapat memberikan dampak buruk, salah satunya kekeringan pada kulit wajah. Padahal tampil cantik, segar dan mempesona di saat Hari Raya Idul Fitri nanti adalah dambaan bagi setiap wanita.

Jangan khawatir, dengan hidrasi dan gaya hidup sehat, Sobat Halal akan tetap memiliki kulit wajah yang sehat koq. Kita lihat yuk beberapa tips berikut ini.

1. Usahakan Tidur yang Cukup

Meskipun nuansa ramadhan selalu membuat kita bersemangat hingga kadang membuat kita jadi sering begadang atau malah memutuskan tidak tidur karena takut kesiangan untuk sahur, lebih baik jangan terlalu keseringan kurang tidur demi kesehatan tubuh dan juga kulit anda.

Di malam hari setelah selesai tarawih dan ibadah lainnya berusahalah untuk beristirahat. Lalu jika Sobat Halal bekerja di siang hari usahakan ambil tidur sejenak, misalnya saat istirahat siang ambilah waktu untuk tidur sekitar 30-45 menit. Hal ini bisa membantu mencukupi kebutuhan tidur minimal 6 sampai 8 jam setiap harinya.

2. Kurangi Konsumsi Garam

Percayalah, kadar garam mempengaruhi kestabilan dalam menjaga kadar air dalam tubuh. Oleh karena itu, kurangi makanan yang memiliki kadar garam berlebih.

Akan lebih baik konsumsi masakan buatan sendiri atau jika harus memesan dari luar usahakan memesan katering dengan makanan rendah garam.

3. Asupan Protein

Perbanyak konsumsi protein hewani dan nabati, sebab kandungannya dapat membantu menjaga kelembaban dan kesehatan kulit.

Tetap jaga asupan karbohidrat secukupnya dan hindari lemak atau makanan berminyak.

4. Minum Air Putih yang Cukup

80 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Itulah sebabnya, kekurangan air putih dapat menimbulkan berbagai masalah seperti dehidrasi termasuk pada kulit wajah kamu.

Selama berpuasa, usahakan minum 2 sampai 4 gelas air putih saat sahur dan 4 gelas air putih sejak berbuka hingga sebelum tidur, sehingga kebutuhan harian 8 gelas air putih bisa terpenuhi.

Kekurangan air putih juga bisa membuat stres kulit loh. Juga hindari minum minuman manis terlalu banyak terutama saat menjelang tidur atau waktu sahur, karena akan memicu kita buang air kecil lebih banyak!

5. Cukupi Makan Sayur Dan Buah

Sayur dan buah adalah sumber vitamin alami yang baik bagi tubuh. Selain itu, kandungan antioksidannya terbukti secara medis untuk membantu meningkatkan kelembaban dan hidrasi pada kulit.

6. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Hyaluronic Acid

Gunakan skincare yang mengandung hyaluronic acid, sebab secara aktif zat tersebut dapat memberikan hidrasi yang baik untuk kulit.

Hyaluronic acid dapat dijumpai pada produk skincare seperti pelembab, serum, toner, pre serum, face oil, essence, sunscreen atau cleansing foam.

Biar tenang, Sobat Halal bisa pakai produk-produk skincare yang sudah bersertifikat halal.

7. Gunakan Krim Sunscreen atau Tabir Surya

Saat tubuh kekurangan cairan dan harus berkegiatan di luar ruangan, maka itu adalah sebuah ancaman untuk kulit yang bisa kehilangan kelembabannya dalam waktu singkat di bawah terik matahari.

Jangan lupa aplikasikan krim sunscreen atau tabir surya untuk menghalangi dampak buruk sinar matahari dan menjaga kulit tetap lembab.

8. CSM

Chizu Saeki Method atau familiar dengan istilah CSM adalah metode hidrasi kulit dengan memanfaatkan kapas dan toner. Pada umumnya, penggunaan toner hanya dituang ke tangan atau kapas dan ditepuk-tepukkan secukupnya ke wajah.

Namun, untuk melakukan CSM, Sobat Halal harus merendam kapas ke dalam toner hingga basah, kemudian ditempelkan di pipi, dagu, jidat, dan hidung hingga toner yang meresap ke dalam kapas mengering.

Agar maksimal, lakukan setelah membersihkan kulit dan tahap awal sebelum memulai rutinitas skincare sehari-hari. Lakukan aktifitas ini saat menjelang berbuka puasa, dijamin nikmat berlipat-lipat!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk 8 Tips Kulit Wajah tetap Glowing
[Total: 5 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar