Kemunculan jerawat yang tiba-tiba seringkali meresahkan. Sama halnya ketika Sobat Halal sedang berusaha mengatasi jerawat di wajah, bukannya mereda, tapi justru semakin banyak bahkan nyaris merata. Selain sudah menggunakan skincare untuk mengatasi masalah tersebut.

Apakah Sobat Halal sudah terbebas dari kebiasaan-kebiasaan yang memicu munculnya jerawat? Seringkali kebiasaan-kebiasaan ini dilakukan tanpa sadar, abai, atau bahkan karena jadi tidak sabaran loh. Ayo kita cek satu per satu!

1. Tidak Memperhatikan Makanan & Minuman Yang Dikonsumsi

Chips, es krim, keju, susu, soda, kue, gorengan, dan jenis makanan serta minuman lainnya, sangat mudah kita jumpai dan terlalu nikmat untuk dilewatkan. Sayangnya, makanan dan minuman tersebut berpotensi memicu tumbuhnya jerawat loh, Sobat Halal.

Dilansir Alodokter, makan dan minuman manis tersebut mengandung beberapa zat seperti asam amino, lemak, garam dan glukosa yang tinggi sehingga dapat menyebabkan peningkatan insulin, menyebabkan jerawat, sekaligus mengakibatkan kelenjar minyak semakin aktif berproduksi minyak sehingga timbulnya jerawat tidak terelakkan.

Nah, Sobat Halal perlu lebih memperhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Tubuh sehat, kulit pun sehat.

2. Sering Menyentuh Wajah

Kebiasaan satu ini sering di lakukan tanpa sadar. Padahal tangan adalah salah satu anggota tubuh yang aktif dan mudah sekali terpapar kotoran dan bakteri. Saat tanpa sadar menyentuh wajah, kotoran dan bakteri tersebut pun menempel di wajah sehingga menyumbat pori-pori.

Oleh karena itu, selalu pastikan tangan Sobat Halal bersih dengan rajin mencuci tangan.

3. Tidak Rutin Membersihkan Benda Yang Sering Dipakai

Handphone, handuk, seprai, alat make up adalah contoh benda yang sering kita gunakan. Tak jarang benda-benda tersebut menjadi kumpulan kotoran dan bakteri, jika tidak rutin dibersihkan tentu saja kotoran dan bakteri tersebut akan mencemari tubuh, terutama kulit.

Sehingga penting sekali membuat jadwal rutin untuk mengganti atau membersihkan benda-benda tersebut ya, Sobat Halal.

4. Kesalahan Saat Mencuci Wajah

Kebanyakan orang mengira, mencuci wajah rutin dengan scrub dapat membersihkan kulit secara maksimal, sehingga banyak yang memilih sabun muka ber-scrub untuk digunakan sehari-hari. Scrub memang pilihan yang tepat untuk membersihkan kulit secara maksimal, tapi tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari karena bisa memicu iritasi.

Scrub lebih tepat digunakan saat kulit memerlukan eksfoliasi, sehingga cukup gunakan sabun ber-scrub 2-3x dalam seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu hindari terlalu sering mencuci wajah ya Sobat Halal, hal itu dapat mengurangi minyak alami pada kulit yang berfungsi sebagai pelindung.

5. Sering Gonta-Ganti Skincare

Maraknya iklan dan endorse skincare yang membanjiri media sosial, tentu menggelitik Sobat Halal yang ingin memiliki kulit glowing, bukan? Sobat Halal perlu belajar menahan diri, nih, agar tidak asal check out skincare yang bisa jadi tidak sesuai dengan kebutuhan kulit kita atau beli hanya karena lapar mata. Salah-salah, kulit yang tadinya sehat bisa jadi bermasalah kalau kita asal membeli dan memakai skincare.

Kulit kita ibarat kanvas, untuk mendapatkan lukisan yang indah, tidak semua warna bisa dioleskan ya. Jadi, wajib hukumnya untuk mengenali kondisi kulit dan komposisi skincare yang hendak kita pakai. Selain itu, perlu belajar lebih bijak, dalam menghadapi pertumbuhan produk skincare di tanah air tercinta.

Berdasarkan penjelasan di atas, Sobat Halal bisa lebih cermat untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut agar kulit terbebas dari jerawat.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar