Ilustrasi: Monstera via pexels

Bagikan artikel ini

Sobat Halal pasti sudah familiar dengan minuman kopi. Minuman dengan warna gelap ini memiliki aroma yang menggugah dengan rasa asam dan pahit. Kopi terbukti dapat meningkatkan mood dan baik bagi pencernaan jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat.  Namun, tahukah Sobat Halal? Ternyata kopi juga memiliki khasiat untuk kecantikan kulit loh!

Tanaman yang tergolong ke dalam keluarga Rubiaceae ini memiliki caffeid acid yang tinggi setelah melewati proses roasting. Mengacu pada jurnal ” Analytical Methods”, caffeid acid dalam kopi memiliki senyawa antioksidan yang sangat tinggi sehingga ampuh untuk merawat kulit.

Kopi sudah banyak dipakai sebagai ingredients pada produk-produk kecantikan yang beredar di pasaran seperti masker, serum, eksfoliator, lotion dan krim pelembab. Penasaran kan? Yuk cermati manfaat kopi bagi kulit di bawah ini!

1. Menstimulasi Kolagen

Bertambahnya usia dapat menurunkan kemampuan kulit untuk menghasilkan kolagen sendiri. Tingginya asam linoleat pada kopi dapat membantu kulit dalam meregenerasi dan memacu produksi kolagen secara alami. Kolagen ini merupakan senyawa yang berpengaruh besar dalam menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

2. Meratakan Warna Kulit

Kopi memiliki kandungan asam klorogenat yang tinggi. Dalam beberapa penelitian, asam klorogenat ampuh dalam mengatasi bercak hiperpigmentasi dan bekas jerawat yang membandel.

3. Calming Agent

Kopi memiliki kandungan vitamin B3 (niasin) yang tinggi. Niasin merupakan salah satu calmimg agent yang bagus untuk kulit. Selain itu, kopi juga memiliki sifat anti inflamasi loh.

4. Solusi Mata Panda

Kafein dalam kopi ternyata ampuh dalam melancarkan aliran darah dan mengurangi peradangan di area seputar mata, sehingga lingkaran hitam yang membengkak pun dapat diatasi atau berkurang.

Salah satu produk skincare dengan kandungan kopi

5. Aging Care

Berdasarkan studi yang ada dalam International Journal of Dermatology, kopi memiliki polifenol yang tinggi. Polifenol merupakan salah satu senyawa antioksidan dan terbukti ampuh untuk menghilangkan garis-garis halus atau bintik-bintik pada kulit.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk manfaat kopi
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar