Merawat kulit merupakan sebuah investasi jangka panjang untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Siapa sih yang tidak mau punya kulit bersih dan bebas masalah? Semua pasti mau dong! Apalagi sekarang semakin banyak Sobat Halal yang ‘melek’ skin care dan berlomba-lomba mendapatkan hasil yang maksimal.

Setiap orang pasti punya kiat dan langkah tersendiri untuk mengaplikasikan skin care dalam keseharian. Namun, hingga saat ini pentingnya penggunaan toner kerap menjadi pertanyaan bagi para penggiat skin care. Yuk, kita cek faktanya!

Apakah Toner Itu?

Toner adalah salah satu produk perawatan kulit yang berbahan dasar air dan pada umumnya mengandung bahan aktif seperti gliserin, essential oil, niacinamide, dan lain-lain, tergantung dengan jenis toner itu sendiri. Semakin kaya manfaat, biasanya akan semakin banyak komposisinya.

Fungsi Toner

Selain menyegarkan kulit setelah mencuci muka, toner juga berfungsi sebagai pembersih sisa-sisa kotoran pada wajah, mengecilkan pori, menjaga keseimbangan PH dan kelembaban kulit. Yang paling menarik, toner juga membantu mempersiapkan kulit untuk menerima tahap skin care selanjutnya agar bahan-bahan aktif dapat diserap secara maksimal.

Apa jadinya kalau Sobat Halal melewatkan tahap penggunaan toner ya?

Sobat Halal tidak perlu khawatir. Kenyataannya, memakai toner bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, pada dasarnya kulit yang sehat adalah kulit dengan kelembaban yang cukup. Semakin sehat kulit seseorang, maka semakin mudah menyerap bahan-bahan aktif yang terkandung dalam rangkaian skin care.

Apabila kulit sudah sehat, yang berarti kelembabannya terjaga, maka mengeliminasi penggunaan toner bukanlah sebuah masalah. Namun, jika kulit terasa kering atau sedang bermasalah, ada baiknya Sobat Halal tetap menggunakan toner agar mendapatkan manfaat maksimal dari skin care selanjutnya.

Selain itu, produk skin care seperti serum, exfoliator, masker, essence, face oil, dan pelembab yang beredar di pasaran kini di klaim mengandung kombinasi bahan aktif yang lengkap lho, sehingga mampu mengatasi berbagai masalah kulit dan bisa menjadi alternatif lain untuk menggantikan fungsi toner itu sendiri.

Jadi, menjadi tim pakai toner atau tidak pakai toner sah-sah saja selama mengacu pada kondisi atau kebutuhan kulit Sobat Halal masing-masing ya.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar