Share artikel ini:


Essential oil adalah ekstrak minyak yang didapatkan dari menyuling kayu, daun, bunga, buah, akar, biji, batang dan bagian tanaman yang lainnya. Setiap essential oil memiliki aroma dan manfaat yang berbeda-beda. Selain untuk sebagai wewangian dan mendukung kesehatan tubuh, ternyata essential oil juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Di antara sekian banyak essential oil yang sering menjadi bahan utama produk skincare seperti tea tree, lemon, rose, chamomile, ginger, dan lainnya, terdapat beberapa essential oil yang jarang diketahui tetapi ternyata sangat efektif untuk merawat kecantikan kulit. Yuk kita lihat apa saja!

  1. Manuka

Manuka flowers (foto: Gerald w via wikipedia)

Manuka (Leptospermum Scoparium) adalah essential oil yang berasal dari tanaman sejenis myrtle yang banyak ditemukan di Australia dan New Zealand. Essential beraroma woodsy, sedikit manis dan calming ini sangat bermanfaat untuk merawat kebersihan, menjaga kelembaban, dan kehalusan kulit.

Hal ini disebabkan oleh kandungannya yang bermanfaat sebagai antifungal, anti inflamasi, antibacteria, antimicrobial dan antioxidant.

  1. Carrot Seed

 

Carrot Seed (foto: indiamart.com)

Carrot seed oil merupakan ekstrak yang dihasilkan dari biji wortel liar (daucus carota sativa) dan memiliki aroma earthy serta manis. Di dalam essential oil ini terdapat kandungan carotol, vitamin A, alpha pinene, sabinene dan betacaryophillene.

Tidak hanya menghaluskan, melembabkan dan mencerahkan kulit, essential oil ini juga bermanfaat merawat tanda-tanda penuaan pada kulit serta menenangkan kulit. Selain itu, essential ini mengandung antioksidan yang tinggi loh!

  1. Frankincense

Frankincense oil (via yogiapproved.com)

Frankincense merupakan essential oil yang berasal dari ekstrak getah Boswellia Carterii, tanaman ini banyak tumbuh di Afrika Utara dekat dengan Semenanjung Arab, bahkan tanaman ini sudah dikenal Mesir sejak 1500 SM. Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama kemenyan. Essential oil ini beraroma woodsy dan sedikit manis.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk 5 Essential Oil
[Total: 5 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar