Seiring bertambahnya usia, penumpukan sel kulit mati terjadi lebih cepat dan sulit terhindarkan. Hal ini menyebabkan kulit wajah jadi terlihat kusam, tidak bercahaya, berjerawat, terlihat tua, bahkan kasar. Jika Sobat Halal mengalami kondisi demikian, melakukan eksfoliasi secara rutin adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Eksfoliasi merupakan perawatan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Rutin melakukan eksfoliasi membuat kulit lebih cerah, mempercepat regenerasi kulit, terhindar dari jerawat dan penuaan dini.

Namun demikian eksfoliasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan, salah-salah bisa merusak kulit. Lakukan langkah-langkah ini saat Sobat Halal akan melakukan Eksfoliasi!

1. Pilih Eksfoliator Berdasar Kondisi Kulit

Eksfoliasi manual menggunakan brush, scrub atau waslap bisa menjadi pilihan yang tepat jika kulit dalam kondisi kering, sensitif, berminyak, atau mudah berjerawat. Sedangkan eksfoliasi kimia yang biasa tersedia dalam bentuk toner, lotion, atau serum, bisa menjadi pilihan tepat jika kulit dalam kondisi kering dan kombinasi.

Gunakan eksfoliator yang mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA). Namun, jika sensitifitas kulit tinggi, pilihlah produk yang mengandung Beta Hydroxy Acids (BHA) atau Polihydroxy Acids (PHA). Eksfoliator kimia tetap bisa menjadi pilihan walau pun kondisi kulit berminyak atau rentan berjerawat.

Sobat Halal bisa menggunakan produk yang mengandung retinoid, asam salisilat atau asam glikolat. Namun seperti dilansir Alodokter, tidak semua bahan eksfoliator baik untuk wanita hamil atau bagi yang sedang menjalani program hamil, yaitu retinoid.

2. Persiapkan Kulit

Baik akan mengeksfoliasi secara manual atau secara chemical, kulit tetap harus dipersiapkan dengan benar. Tidak ada salahnya melakukan double cleanse agar wajah bersih secara maksimal, sehingga saat eksfoliasi dilakukan sel-sel kulit mati mudah diangkat atau jika Sobat Halal menggunakan eksfoliator berjenis chemical, kandungan zat di dalamnya meresap dengan cepat dan bekerja dengan baik untuk mengangkat kulit mati.

3. Berikan Nutrisi Ekstra Setelah Eksfoliasi

Pada umumnya, eksfoliasi menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan itu adalah hal yang wajar. Kondisi seperti inilah yang harus diantisipasi.

Untuk mengembalikan kelembaban kulit, Sobat Halal bisa memilih produk pelembab yang mengandung hydrating agent, seperti aloe vera, hyaluronic acid, gliserin, squalane, face oil dan ceramide yang berfungsi untuk mengunci kelembapan.

4. Lakukan Eksfoliasi Pada Malam Hari

Selain menyebabkan kulit kering, eksfoliasi juga menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap cahaya matahari atau pancaran radiasi udara panas, seperti kompor atau api unggun, maka lakukanlah eksfoliasi sebelum Sobat Halal tidur. Tidak ada salahnya Sobat Halal menutup tahap eksfoliasi dengan mengaplikasikan sleeping mask, sebab setelah eksfoliasi kulit berada dalam kondisi yang bersih sehingga mampu menyerap kandungan skincare secara efektif.

Meski pun eksfoliasi dilakukan pada malam hari, tetap lindungi kulit wajah menggunakan sunscreen keesokan harinya.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar