Ilustrasi via pexels.com

Sobat Halal, merawat kulit adalah bagian dari kebutuhan sehari-hari. Beragam produk sudah dicermati dan dipilih demi kulit yang glowing. Tidak hanya satu atau dua produk populer yang pada umumnya digunakan, bahkan produk tersebut mudah sekali didapatkan di swalayan-swalayan terdekat.

Namun, rupanya tidak semua produk tersebut ramah bagi kulit kita, Sobat Halal. Dikutip dari Brightside.me ada beberapa produk kecantikan populer yang bermanfaat, namun secara bersamaan juga berbahaya bagi kulit jika dipakai secara tidak hati-hati.

1. Scrub Mask

Ilustrasi via pexels.com

Menggunakan masker scrub sesekali untuk mengangkat kulit mati memang boleh saja. Namun Sobat Halal wajib tahu, terlalu sering mengeksfoliasi kulit dengan scrub mask bisa mengakibatkan kulit wajah semakin tipis dan mengalami kekeringan.

Kondisi tersebut memaksa kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak untuk menyeimbangi kondisi kulit kering.

2. Sikat Kaki Batu

Ilustrasi via lazada.com

Kulit kering di area tumit memang selalu meresahkan ya Sobat Halal. Selain tidak nyaman, juga mengikis kadar rasa percaya diri. Sikat batu biasanya ampuh digunakan untuk mengeksfoliasi kulit mati pada bagian tersebut.

Namun tidak semua orang bisa menggunakannya, khususnya yang memiliki kulit sensitif. Alih-alih kulit menjadi bersih, yang terjadi justru membuat kulit tumit terkelupas dan memicu timbulnya infeksi.

3. Pore Strip

Ilustrasi via pexels.com

Cara kerja pore strip pada umumnya membuka paksa pori-pori untuk mengangkat komedo. Tak hanya mengangkat komedo, seluruh sebum dan kulit mati pun terangkat.

Meskipun demikian, lubang pori yang telah dibersihkan tersebut justru bisa terinfeksi kotoran atau minyak yang lain.

4. Coconut Oil

Ilustrasi via pexels.com

Siapa yang tidak kenal dengan minyak yang satu ini? Coconut oil sering kita temukan pada pembersih wajah atau pelembab berbahan alami. Meskipun  demikian, tidak semua orang bisa memakai minyak ini.

Jika kulit anda berminyak jangan gunakan minyak ini karena bisa menimbulkan jerawat.

5. Lip Scrub

Ilustrasi via unsplash.com

Meski diklaim dapat menghaluskan, menyehatkan dan mengembalikan tekstur serta warna asli bibir, ternyata lip scrub justru membuat bibir menjadi lebih kering dan berpotensi pecah semakin dalam jika tidak digunakan dengan benar dan berlebihan. Perhatikan dulu kondisi bibir Sobat Halal sebelum menggunakannya. Produk pelembab bibir lebih dianjurkan daripada lip scrub.

***

Jadi Sobat Halal, menggunakan produk-produk kecantikan di atas bukan berarti sama sekali enggak boleh ya, tapi sesuaikan dengan kondisi kulit Sobat Halal, dan yang pasti jangan menggunakan secara berlebihan.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar