Permasalahan kulit biasanya terletak pada kondisi kulit yang tiba-tiba menjadi kering, berminyak, berjerawat atau malah dehidrasi. Banyak anggapan yang timpang tindih, seperti misalnya jika kulit berjerawat, artinya kulit kelebihan minyak.

Alih-alih mencari penyebab jerawat dan lebih mengenali kondisi kulit, kebanyakan kita justru melakukan self diagnose dan mengambil kesimpulan pendek. Padahal, beberapa jerawat membandel kadang terjadi karena kulit mengalami dehidrasi.

“Bagaimana mungkin kulit mengalami dehidrasi sementara saya rajin minum air mineral, memakai skincare dengan tertib, bahkan berlapis-lapis?”

Pertanyaan tersebut tidak hanya muncul pada kasus kulit berjerawat saja. Namun, pecinta skincare pun banyak bertanya-tanya tentang keampuhan produk. Sering kali membeli produk baik dan mahal, tetapi hasilnya dianggap biasa saja.

Jika demikian, permasalahannya bisa terletak pada cara aplikasi atau pemakaiannya. Korean step merupakan metode pengaplikasian skincare yang ampuh, tetapi Olena Beley, seorang skin health coach memiliki 3 langkah mudah untuk membuat skincare bekerja lebih baik di kulit Sobat Halal sehingga memberikan hasil yang maksimal.

Konon 3 langkah praktis tersebut bisa merevitalisasi kulit dalam kurun waktu 28 hari sehingga kulit terlihat bersih, bercahaya, sehat, supple dan lembab. Penasaran kan?! Ayo kita cermati satu per satu!

  1. Air

Hindari menyapukan skin care ke permukaan kulit yang kering, terlebih jika Sobat Halal memiliki kondisi yang kering. Permukaan kulit memiliki kecenderungan menguapkan air atau apa pun yang menempel di permukaannya. Lebih parahnya, skincare tersebut justru mengering dan meninggalkan residu yang bisa menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan masalah baru untuk Sobat Halal.

Skin care secanggih apa pun hanya akan menguap percuma tanpa air. Manfaatkan lah air di rumah untuk membasahi kulit hingga meresap dengan sendirinya, tetapi jangan biarkan mengering dengan total ya! Sebab mengoleskan skincare Sobat Halal saat kulit masih dalam kondisi lembab atau damp karena air adalah langkah paling tepat.

  1. Humektan

Humektan adalah agen penjaga kelembaban kulit Sobat Halal. Agar keberadaan air bertahan lebih lama, pakailah serum yang memiliki tekstur kental dan mengandung kombinasi hero ingredient yang berfungsi untuk melembabkan kulit seperti asam hialuronat, gliserin, PCA, butilen glikol, propilen glikol, pentanol, dan sebagainya. Humektan memiliki sifat seperti spons, ia akan menahan air agar tidak menguap lebih cepat dari yang seharusnya.

Konon kemampuannya mengunci kelembaban air dalam kulit kita bisa 1000x lebih efektif daripada bahan lainnya. Selain itu, humektan bekerja dengan unik. Jika suhu di sekitar Sobat Halal meningkat, maka ia akan mengambil kelembaban dari lapisan kulit yang lebih dalam agar permukaan kulit tidak kering.

Agar kehalalannya lebih terjamin, seperti dikutip dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), pastikan menggunakan humektan yang sumber bahan untuk BTP Humektan dari gliserol dan triacetin atau oleopangan yang bersumber dari biji karet dan atau CPO. Referensi lengkapnya bisa Sobat Halal baca di sini.

Pemakaian produk skincare dengan kombinasi beberapa bahan yang bersifat humektan ini, anda tidak perlu lagi boros serum. 1-4 tetes akan merubah segalanya, wow!

  1. Pelembab

Perpaduan air dan humektan memberikan kelembaban yang luar biasa bagi kulit. Jika humektan menahan kelembaban air pada kulit lebih lama, maka skincare dengan karakteristik oklusif dan emolien wajib digunakan untuk mengunci keduanya.

Karakteristik tersebut bisa Sobat Halal temukan pada produk pelembab. Emolien bersifat mengenyalkan kulit, menghaluskan kulit dan memperlambat transpidermal waterloss pada kulit. Manfaat ini dapat ditemukan pada trigliserida, squalane, minyak, silikon dan sebagainya. Sedangkan oklusif bermanfaat untuk mempertahankan kelembaban yang telah terkunci, biasanya berupa lilin, petrolatum, dimetikon dan sebagainya.

***

Langkah mudah Olena Beley ini berlaku untuk seluruh bagian kulit loh dan ketiganya adalah langkah yang tidak bisa dipisahkan. Untuk hasil yang maksimal, pastikan produk skincare yang

Sobat Halal pilih sesuai dengan kebutuhan dan mengandung karakteristik di atas. Untuk langkah pemakaian di siang hari, jangan lupa aplikasikan sunscreen setelah aplikasi skincare tahap ketiga sudah benar-benar meresap pada kulit atau setelah jeda 5 menit. Selamat mencoba!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk tips ini
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar