Sobat Halal, pandemi merubah segalanya bukan? Tidak sedikit saudara kita yang kehilangan pekerjaan dan ada banyak lagi dampak negatifnya hingga mengakibatkan kematian. But life must go on, isn’t it? Selamanya, hidup adalah perjuangan.

Nah, bagi Sobat Halal yang memiliki banyak waktu luang dan ingin mengisinya dengan kebermanfaatan, yuk kita cermati beberapa alternatif kegiatan yang bisa menghasilkan cuan alias keuntungan.

1. Reseller & Dropshipper

Sobat Halal pecinta belanja daring pasti sudah sangat familiar dengan 2 profesi ini. Berangkat dari hobi belanja lalu menjadi seorang reseller atau dropshipper tidak ada ruginya loh, justru bisa membuat kita menambah pundi-pundi keuangan kita.

Menjadi reseller tentu memerlukan cukup modal, sedangkan dropshipper cukup menjual produk dari produsen tanpa perlu mengeluarkan modal. Namun, untuk menjadi keduanya, Sobat Halal perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

      • Keamaan produk yang akan dijual (lisensi resmi atau terdaftar di BPOM),
      • Produsen terpercaya,
      • Metode transaksi jual beli,
      • Pasar dan kompetitor,
      • Adab beriklan atau melakukan promosi.

Jangan abai dengan hal-hal di atas ya, supaya tidak menimbulkan masalah yang merugikan di kemudian hari.

2. Menulis

Jangan sia-siakan bakat membuat caption di media sosial yang anda miliki, menulis juga bisa menghasilkan loh. Bagi Sobat Halal yang suka menulis cerita, kalian bisa memulai dengan menulis di Wattpad, Medium, Instagram atau platform lainnya.

Beritahukan tulisan anda ke media sosial anda dan raih perhatian pembaca. Kirim naskah utuhnya ke penerbit konvensional atau digital yang anda inginkan. Jika naskah dianggap layak, akan ada penerbit yang menawarkan kontrak loh dan banyaknya pembaca di media sosial bisa jadi nilai tambah tersendiri.

Selain itu, ada juga profesi menulis yang lain seperti menjadi seorang copywriter atau content writer. Untuk menggeluti profesi tersebut tentu saja Sobat Halal harus belajar selangkah demi selangkah, akan lebih baik jika ada dana lebih dipakai untuk mengikuti kursus menjadi content writer atau copywriter. Seringlah berlatih dan matangkan kemampuan anda dengan mengikuti program magang di sebuah perusahaan sebelum anda benar-benar melamar kerja.

Alternatif lainnya, bergabunglah dengan plaform freelancer yang terpercaya. Berdayakan kemampuan yang anda miliki secara maksimal dan tuangkan ke dalam profil, kemudian tawarkan jasa anda ke daftar tugas yang bisa anda kerjakan lalu tunggu respon dari pengunggah tugas. Jika ada pengunggah tugas tertarik, maka mereka akan menghubungi anda untuk transaksi lebih lanjut.

3. Bekerja secara Remote

Sesekali carilah lowongan pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah, sejak pandemi ada banyak sekali loh tawaran pekerjaan yang bisa di remote dari rumah. Jika Sobat Halal hobi mengoperasikan aplikasi seperti Tik Tok, Instagram, Facebook, Snack Video, Canva, Adobe Photoshop, dan sejenisnya, cobalah melamar untuk posisi admin media sosial.

Lumayan kan, ternyata sambil rebahan tetap bisa menghasilkan cuan. Apalagi kalau melakukannya atas dasar hobi, pasti jauh lebih semangat dan happy.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
1 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar