Ilustrasi foto oleh Jack Sparrow via Pexels

Mengatur keuangan ternyata gampang-gampang susah ya Sobat Halal. Apalagi kebutuhan dan keinginan sering sekali tidak sejalan dengan kondisi dompet kita. Belum lagi harga barang-barang kebutuhan yang seringkali melambung tinggi membuat kita perlu mengatur ulang keuangan kita atau bahkan sampai mengencangkan ikat pinggang. Penggunaan uang dengan bijaksana dan tepat guna juga bermanfaat lho untuk mengatur keuangan.

Tapi tidak perlu kawatir Sobat Halal, kita akan berbagi tips cara mudah dan sederhana untuk mengatu keuangan rumah tangga. Tenang bisa diaplikasikan juga untuk yang belum berumah tangga. Kebutuhan rumah tangga ini seringkali tidak bisa diprediksikan untuk itu kita perlu berjaga-jaga untuk kebutuhan tak terduga atau bahkan bisa kita sisihkan untuk liburan.

Cara Mudah dan Sederhana mengatur keuangan rumah tangga

Nah, kita akan berbagi beberapa tips yang mudah dan sederhana untuk diterapkan, tanpa perlu khawatir hidup sengsara karena berhemat.

1. Catatan Belanja

Sederhana saja tidak perlu bertele-tele dan seperlunya untuk membuat catatan belanja. Misalnya tuliskan secara singkat apa yang kita akan belanjakan untuk mengisi kulkas. Catatan ini bisa kita buat secara mingguan atau bulanan.

Fungsi catatan belanja ini agar kita belanja sesuai kebutuhan tidak melenceng membeli barang-barang lain yang tidak perlu atau bahkan kita sudah punya di rumah. Dengan catatan ini membuat belanja kita lebih terkontrol dan tidak ada barang yang lupa dibeli.

2. Jangan Malu belanja di Pasar Tradisional

Eits jangan salah, banyak pasar tradisional sekarang sudah bersih dan nyaman koq Sobat Halal, pemerintah sudah melakukan renovasi terhadap pasar-pasar tradisional ini menjadi lebih teratur, bersih, lengkap dan nyaman untuk berbelanja.

Selain kita berkontribusi terhadap perekonomian daerah, belanja di pasar tradisional ini juga murah meriah dan lengkap lho. Misalnya kita dapat membeli kebutuhan dapur sesuai dengan yang kita butuhkan tidak perlu membeli dalam jumlah terlalu banyak supaya tidak mubazir.

Bahan-bahan makanan juga masih segar dan langsung dari para petani. Serunya lagi masih bisa ditawar lho Sobat Halal, tapi sewajarnya saja ya dalam menawar harga.

3. Manfaatkan Diskon

Siapa yang tidak tertarik dengan diskon atau potongan harga ? sesekali berbelanja di supermarket untuk beberapa kebutuhan rumah tangga juga disarankan lho. Supermarket sering mengadakan diskon atau promo potongan harga untuk barang-barang tertentu.

Promo ini yang perlu kita manfaatkan Sobat Halal. Harga miring yang ditawarkan bisa menghemat pengeluaran. Cara mudah untuk kita bisa memantau promo diskon yang sedang berlangsung, kita bisa download aplikasi dari supermarket tersebut dan pantengin program promo mereka, jika ada yang sesuai dengan kebutuhan kita tinggal belanja deh. Atau bisa juga melalui platform e-commerce kesayangan Sobat Halal. Tapi jangan kalap juga tergoda diskon ya.

4. Membandingkan Harga

Ini yang sering saya manfaatkan ketika window shopping Sobat Halal, yaitu melakukan perbandingan harga untuk produk yang sama dengan merek yang berbeda atau produk yang sama ditempat yang berbeda.

Dengan melakukan hal ini kita bisa memilih produk dengan kualitas dan komposisi yang sama tetapi dengan harga yang lebih murah dan bisa menemukan tempat belanja favorit dengan harga bersahabat yang bisa jadi langganan kita deh.

Sambil cuci mata dapat juga manfaat yang lainnya. Lumayankan selisih harganya bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan yang lain.

5. Konsumsi Bijak dan Seperlunya!

Tegas, lugas dan mudah diterapkan. Teknik seperlunya ini bisa kita terapkan dalam beberapa hal misalnya penggunaan minyak dalam menggoreng, gunakan seperlunya dan secukupnya untuk menggoreng ayam, dan pergunakan lagi jika kondisi minyak masih bersih dan dalam keadaan yang masih bagus atau dalam penggunaan sabun pencuci baju, jika kita mencuci baju jumlah sedikit, bahan pakaian tipis dan tidak kotor kita bisa sesuaikan penggunaan sabun cuci tidak perlu diterapkan sesuai takaran tetapi seperlunya saja. Bukan pelit ya Sobat Halal tetapi bijaksana dalam penggunaannya.

Selain beberapa tips diatas perlu diingat juga ya Sobat Halal untuk melakukan penghematan penggunaan listrik dan air serta menyisihkan penghasilan kita untuk tabungan, asuransi, liburan dan tentu saja berbagi dengan yang membutuhkan karena sebagian rejeki kita adalah milik orang lain.

Yuk Sobat Halal lakukan pengaturan keuangan mulai dari sekarang dengan cara yang mudah sederhana dan bisa kita coba.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 0 Rata-rata: 0]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar