Memiliki sertifikasi halal dari MUI untuk produk-produk makanan, minuman dan kosmetik sudah sangat lazim. Wajar karena produk-produk tersebut dikonsumsi langsung atau diaplikasikan dengan tubuh.

Tapi tahukah Sobat Halal, ternyata banyak juga loh produk yang bukan makanan, minuman dan kosmetik yang memiliki sertifikat halal. Tentu maksud dari produsen produk-produk tersebut adalah sebagai nilai tambah untuk merek mereka dan memberikan ketenangan bagi konsumen yang membutuhkan produk halal.

Mari kita lihat beberapa merek berikut  untuk produk yang bukan makanan, minuman dan kosmetik tapi memiliki  sertifikasi halal.

1. Medina Food Storage

Situs inspirasimedina.com

Medina adalah sebuah merek yang memproduksi food storage atau alat penyimpan makanan. Dalam proses pemilihan bahan baku, produksi dan distribusinya telah diuji dan tidak terkontaminasi hal-hal yang tidak dihalalkan, sehingga perusahaan ini berhasil mendapatkan sertifikasi halal oleh MUI pada tahun 2017 lalu.

Dalam keterangannya, Medina mengatakan bahwa seluruh proses produksi dan material Medina telah tersertifikasi HALAL oleh MUI dengan nomor sertifikasi 00170074121015.

Medina juga mengklaim produk mereka aman dan sudah memenuhi standar dari Food and Drug Administration (FDA) USA.

2. Maxim Halania Nonstick Cookware

Situs maxim.co.id

Setiap produk cookware atau peralatan masak masa kini rata-rata sudah memiliki lapisan anti lengket nonstick. Salah satu merek produk nonstick cookware yang cukup terkenal di Indonesia adalah Maxim yang diproduksi oleh Maspion Group.

Lapisan anti lengket di produk-produk Maxim menggunakan pelapis anti lengket merek Teflon, produk dari DuPont yang merupakan perusahaan multinasional yang berbasis di Amerika Serikat. Maxim mengklaim sebagai pemegang lisensi eksklusif untuk peralatan masak berlapis Teflon di Indonesia.

Dan pada tahun 2013, Maxim dengan seri produk Maxim Halania mengklaim sebagai produk peralatan masak pertama yang bersertifikat halal dari MUI.

3. Tisu Paseo

Situs paseo.co.id

Siapa sih yang tidak tahu merek ini? Rupanya Tisu Paseo dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas ini sudah bersertifikasi halal dan sempat meraih penghargaan Halal Top Brand pada tahun 2013 lalu karena terbukti tidak terkontaminasi zat-zat yang tidak baik dalam bahan, proses pembuatan mau pun distribusinya.

4. Hansaplast

Logo halal di salah satu varian produk Hansaplast

Wah, wah, produk satu ini tidak mau ketinggalan ya! Brand Plester di Indonesia yang di produksi di pabrik PT Beiersdof, Malang, Jawa Timur, ini berhasil mengantongi sertifikat halal sejak tahun 2017 untuk 20 dari 29 varian produk yang diproduksinya.

Logo halal pun bisa dilihat di setiap kemasan varian yang sudah mendapat Sertifikat Halal MUI.

5. Lemari Es SHARP

Produk yang satu ini yang paling unik dan juga dari segi ukuran yang memperoleh Sertifikat Halal dari MUI. Dalam klaimnya, SHARP menyatakan sebagai produk lemari es Halal pertama di Indonesia yang memiliki beragam pilihan model dan variasi harga. Pengakuan resmi dari MUI ini diperoleh SHARP pada tanggal 3 Mei 2018.

Sertifikasi yang diberikan berdasarkan sertifikasi halal internasional (Cerol-SS23000) dengan status A yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk kategori produk lemari es dan freezer buatan dalam negeri.

Sertifikat Halal ini diperoleh SHARP melalui serangkaian penilaian material proses hingga fasilitas produksi lemari es. Usai memenuhi syarat kebijakan dan prosedur sertifikasi halal, serta menerapkan sebelas kriteria Sertifikasi Jaminan Halal (SJH), akhirnya lemari es lokal dan freezer SHARP menerima sertifikat halal dari MUI dan di sahkan menjadi lemari es halal pertama di Indonesia.

***

Nah Sobat Halal, tentunya sertifikasi halal untuk produk-produk non makanan atau kosmetik ini merupakan strategi marketing dari produsen yang bersangkutan. Tentunya sudah melalui serangkaian riset pasar yang mendalam. Tujuannya tentu saja adalah memberikan kenyamanan lebih bagi para konsumen yang mendambakan produk dengan jaminan halal.

Bagaimana menurut Sobat Halal, akankah dengan sertifikasi halal membuat Sobat Halal lebih memilih merek-merek di atas dibanding produk pesaing yang belum bersertifikat halal?

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar