Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia. Tidak hanya untuk bersilaturahmi dan menikmati makanan enak saja, tetapi juga merupakan puncak ibadah dan kemenangan setelah berpuasa satu bulan penuh sepanjang Bulan Ramadhan.

Tidak heran jika momen tersebut diisi dengan suka cita, kunjungan dari rumah ke rumah dan menikmati makanan bersama. Tentu saja saat saling berkunjung itu semua orang ingin tampil modis pada momen berkumpul bersama keluarga saat lebaran biar foto lebaran terasa lebih  sempurna.

Di Indonesia belanja baju baru menjelang Idul Fitri adalah salah satu  tradisi yang sudah berlangsung dari dulu. Tak heran banyak pusat perbelanjaan yang menjelang Idul Fitri menawarkan baju-baju dengan fashion terbaru dengan harga yang sangat kompetitif. Yuk kita lihat beberapa pusat belanja tempat biasa berburu baju baru.

1. Pasar Baru, Jakarta

Pasar Baru (foto: Midori via wikipedia)

Pasar Baru merupakan komplek perbelanjaan tertua yang ada di daerah Sawah Baru, Jakarta Pusat. Sebelum memasuki pasar ini, Sobat Halal akan melewati sebuah gapura yang bertuliskan tahun berdirinya Pasar Baru, yaitu pada tahun 1820.

Di pasar ini Sobat Halal dapat berburu fashion, aksesoris, bumbu masak, dan kue-kue lebaran beraneka macam dengan harga yang sangat kompetitif.

Terlebih lagi, Sobat Halal bisa berbelanja sekaligus ngabuburit, sebab di Pasar Baru ada berbagai makanan dan minuman yang siap menggoyang lidah loh!

2. Pasar Bringharjo, Yogyakarta

Pasar-Beringharjo (via rumah.com)

Pasar Bringharjo merupakan pasar yang berada di jantung Kota Yogyakarta, tepatnya nyaris di ujung jalan komplek Malioboro. Tidak hanya terkenal akan batik, rempah, suvenir dan perkakasnya, melainkan juga kuliner, aksesoris serta fashion.

Tidak heran pasar ini selalu ramai, selain serba ada, harga barang-barang di tempat ini pun juga sangat kompetitif. Di pasar ini juga ada jajanan pasar, bumbu, food court dan berbagai macam kue, Sobat Halal bisa ngabuburit sambil belanja di pasar ini loh!

3. Pasar Klewer, Solo

Pasar Klewer (via Facebook Pasar Klewer Solo Online)

Pasar Klewer merupakan pasar tradisional yang berada di komplek kraton Surakarta, Solo. Pasar ini diberi nama Klewer sebab gaya masing-masing kios dalam menyusun dagangannya menjuntai-juntai. Dalam Bahasa Jawa menjuntai disebut dengan istilah kleweran.

Tidak hanya grosiran, pasar ini juga menawarkan barang eceran dari batik, kain, baju dewasa, anak hingga bayi. Harga tidak perlu ditanya, sangat kompetitif dan kualitasnya tidak kalah bagus loh!

4. Pasar Johar, Semarang

Peresmian Revitalisasi Pasar Johar oleh Presiden Jokowi, Januari 2022 (foto: Kementerian PUPR)

Pasar Johar merupakan pasar tua yang ada di Kota Semarang. Pasar ini dibangun oleh Herman Thomas Karsten, arsitek Belanda pada tahun 1930. Pasar ini sempat mengalami kebakaran besar pada tahun 2015 dan kini telah selesai direvitalisasi menjadi lebih rapi, bersih dan modern.

Pasar Johar sejak dulu merupakan tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari, dari perkakas rumah, bumbu, fashion, aksesoris, elektronik dan masih banyak lagi lainnya. Dari segi kualitas dan harga pun sangat bersaing, tidak heran jika tempat ini tidak pernah sepi.

5. Pasar Darmo, Surabaya

Pasar Darmo (foto Mujionomaruf via wikipedia)

Pasar yang merupakan kombinasi pasar tradisional dan modern ini terletak di Wonokromo, Surabaya. Pasar ini merupakan one-stop-shopping bagi Sobat Halal yang ingin berburu berbagai keperluan rumah tangga dan baju sehari-hari.

Aneka fashion dan aksesoris bisa ditemukan di tempat ini dengan harga kompetitif. Selain itu, pasar ini juga menjual mainan anak, sayur dan bumbu-bumbuan. Jadi, jangan ragu untuk memilih pasar ini untuk berbelanja baju lebaran!

6. Pasar Baru Trade Center, Bandung

Pasar Baru Bandung (via wego.com)

Pasar ini berada di Kota Bandung dan menjual berbagai kebutuhan rumah tangga dengan harga yang sangat kompetitif.

Tidak heran jika pasar ini banyak diserbu wisatawan domestik hingga asing, khususnya dari Singapura dan Malaysia, sebab pasar ini menawarkan banyak pilihan kain, baju lebaran, baju seragam, baju kantor, baju pesta, baju anak hingga bayi dengan berbagai desain yang tidak ketinggalan zaman. Banyak juga kios yang menjual sajadah dan oleh-oleh haji.

Sobat Halal dapat berburu baju lebaran di tempat ini beserta kebutuhan lain termasuk makanan dan oleh-oleh khas Bandung.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Pasar Tempat Berburu Baju Baru Lebaran
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar